Ya Allah, Atas KemuliaanMu,KeagunganMu dan Belas EhsanMu limpahkan lah hidayahMu kepada kami,semuga kami semua berjumpa dengan sebenar-benar jalan untuk kami pulang kesisiMu........


Fekah tanpa tasauf fasik,Tasauf tanpa fekah zindiq

Sunday, June 12, 2011

Mempelajari Mengenal Bab Rasa

BAB RASA

 

Banyak orang yang bertanya,mengapa dalam mempelajari Agama mesti harus mengenal Rasa ? Memang kalau hanya sampai pada tingkat Syariat,bab rasa tidak pernah dibicarakan .Tetapi pada Tarikat keatas bab rasa ini 
mula dibicarakan.Karena bila belajar ilmu Agama itu berarti mulai mengenal siapa Percipta itu.

Karena ALLAH maha GHAIB maka dalam mengenal hal GHAIB kita wajib mengaji rasa.
Jadi jelas berbeza dengan syariat yang memang mengaji telinga dan mulut saja.Dan mereka hanya yakin akan hasil kerja panca inderanya.Bukan Batinnya!

Bab rasa dapat dibagi dalam beberapa golongan .Yaitu :
RASA TUNGGAL,
SEJATINYA RASA,
RASA SEJATI,
RASA TUNGGAL JATI.

Mengaji Rasa sangat diperlukan dalam mengenal GHAIB.Kerana hanya dengan mengaji rasa yang dimiliki oleh batin itulah maka kita akan mengenal dalam erti yang sebenarnya apa itu GHAIB.

1.RASA TUNGGAL
Yang empunya Rasa Tunggal ini ialah jasad/jasmani.Yaitu rasa lelah,lemah dan capai.
Kalau Rasa lapar dan haus itu bukan milik jasmani melainkan milik nafsu.
Mengapa jasmani memiliki rasa Tunggal ini.Karena sesungguhnya dalam jasmani/jasad ada penguasanya/penunggunya.Orang tentu mengenal nama QODHAM atau ALIF LAM ALIF ( )

Itulah sebabnya maka didalam AL QUR’AN,ALLAH memerintahkan agar kita mahu merawat jasad/jasmani.
Kalau perlu,kita harus menanyakan kepada orang yang ahli lagi mengerti.Selain merawatnya agar tidak terkena penyakit jasmani,kita pun harus merawatnya agar tidak menjadi korban kerana hawa nafsu maka jasad kedinginan,Kepanasan ataupun masuk angin.
Bila soal-soal ini kita perhatikan dengan sungguh sungguh,nescaya jasad kita juga tahu terima kasih.Kalau dia kita perlakukan dengan baik,maka kebaikan kita pun akan dibalas dengan kebaikan pula.

Kerana sesungguhnya jasad itu pakaian sementara untuk hidup sementara dialam fana ini.Kalau selama hidup jasad kita rawat dengan sungguh-sungguh ( kita bersihkan2 x sehari/mandi,sebelum puasa keramas,sebelum sholat berwudhu dulu,dan tidak menjadi korban hawa nafsu,serta kita lindungi dari pengaruh alam ),maka dikala hendak mati jasad yang sudah suci itu pasti akan mau diajak bersama-sama kembali Keasal,untuk kembali kepada pencipta.Seperti halnya kita bersama-sama pada waktu datang/lahir kealam fana ini.
Mati yang demikian dinamakan mati sempurna.Pandangan yang kita lakukan malah sebaliknya .Mati dengan meninggalkan jasad.Kalau jasad sampai dikubur,maka QODHAM atau ALIF LAM ALIF ( ) .Akan mengalami siksa kubur.Dan kelak dihari kiamat akan dibangkitkan 
Dalam mencari nafkah baik lahir maupun batin,jangan mengabaikan jasad.Jangan melupakan waktu istirahat.Sebab itu ALLAH ciptakan waktu 24 jam ( 8 jam untuk mencari nafkah,8 jam untuk beribadah,dan 8 jam untuk beristirehat ).
Juga dalam hal berpuasa,jangan sampai mengabaikan jasad .Sebab itu ALLAH tidak 
suka yang berlebih-lebihan.Karena yang suka berlebih-lebihan itu adalah Dzad ( angan-angan ).Karena dzad mempunyai sifat selalu tidak merasa puas.

2. SEJATINYA RASA
Apapun yang datangnya dari luar tubuh dan menimbulkan adanya rasa,maka rasa itu dinamakan sejatinya rasa.Jadi sejatinya rasa adalah milik panca indera:
MATA : Senang karena mata dapat melihat sesuatu yang indah atau tidak senang 
bila mata melihat hal-hal yang tidak pada tenpatnya.
TELINGA :Senang karena mendengar suara yang merdu atau tidak senang mendengar 
isu atau fitnahan orang.
HIDUNG :Senang mencium bebauan wangi/harum atau tidak senang mencium 
bebauan yang busuk.
KULIT :Senang kalau bersinggungan dengan orang yang disayang atau tidak senang 
bersunggungan dengan orang yang nerpenyakitan.
LIDAH :Senang makan atau minum yang enak-enak atau tidak senang memakan 
makanan yang busuk.

3.RASA SEJATI
Rasa sejati akan timbul bila terdapat rangsangan dari luar,dan dari tubuh kita akan mengeluarkan sesuatu.Pada waktu keluarnya sesuatu dari tubuh kita itu ,maka timbul 
Rasa Sejati.Untuk jelasnya lagi Rasa Sejati timbul pada waktu klimaks/pada waktu melakukan hubungan seksual.

4.RASA TUNGGAL JATI
Rasa Tunggal Jati sering diperoleh oleh mereka yang sudah dapat melakukan Meraga Sukma ( keluar dari jasad )dan Solat Dha’im ).
Beda antara Meraga Sukma dan Sholat Dha’im ialah :
1.Kalau Meraga Sukma jasad masih ada.batin keluar dan dapat pergi kemana saja.
2,Kalau Sholat Dha’im jasad dan batin kembali keujud Nur dan lalu dapat pergi kemana 
saja yang dikehendaki.Juga dapat kembali/bepergian ke ALAM LAUHUL MAKHFUZ.
Bila kita Meraga Sukma maupun sholat Dha’im ,mula pertama dari ujung kaki akan terasa seperti ada “ aliran “ yang menuju ke atas/kekepala.Pada Meraga sukma,bila “ aliran “itu setibanya didada akan menimbulkan rasa ragu-ragu/khawatir atau was-was.Bila kita ikhlas,maka kejadian selanjutnya kita dapat keluar dari jasad.dan yang keluar itu ternyata masih memiliki jasad.
Memang sesungguhnyalah,bahwa setiap manusia itu memiliki 3 buah wadah lagi,selain jasad/jasmani yang tampak oleh mata lahir ini.Pada bagian lain bab ini akan kita kupas.
Kalau sholat Dha’im bertepatan dengan adanya “ Aliran “dari arah ujung kaki,maka dengan cepat bagian tubuh kita akan “ Menghilang “dan kita akan berubah menjadi seberkas Nur sebesar biji ketumbar dibelah 7 bagian.Bercahaya bagai sebutir berlian yang berkilauan
Nah,rasa keluar dari jasad atau rasa berubah menjadi setitik Nur.Nur inilah yang disebut sebagai Rasa Tunggal Jati.Selain itu,baik dalam Meraga Sukma maupun Sholat Dha’im,Bila hendak bepergian kemana-mana kita tinggal meniatkan saja maka sudah sampai.Rasa ini juga dapat disebut Rasa Tunggal Jati.Sebab dalam bepergian itu kita 
Sudah tidak merasakan haus ,lapar,kehausan,kedinginan dlsb.
Bagi mereka yang berkeinginan untuk dapat melakukan Meraga Sukma dianjurkan untuk sering Tirakat/Kannat puasa.Jadikanlah puasa itu sebagai suatu kegemaran.
Dan yang penting juga jangan dilupakan melakukan Dzikir gabungan NAFI-ISBAT dan QOLBU.Dalam sehari-hari sudah pada tahapan lillahi ta’ala.
Hal ini berlaku bai mereka yang menghendaki untuk dapat melakukan SHOLAT DHA’IM.Kalau Meraga Sukma mempergunakan Nur ALLAH,tapi bila SHOLAT DHA’IM sudah mempergunakan Nur ILLAHI.
Karena ada Rasa Sejati,maka Rasa merupakan asal usul segala sesuatu yang ada.
Oleh sebab itu bila hendak mendalami ilmu MA’RIFAT Islam dianjurkan untuk selalu bertindak berdasarkan rasa.Artinya jangan membenci,jangan menaruh dendam,jangan iri,jangan sirik,jangan bertindak sembrono,jangan bertindak kasar terhadap sesame manusia,dll.Sebab dihadapan Tuhan Yang Maha Kuasa,kita ini semua sama ,karena masing-masing memiliki rasa
Rasa merupakan lingkaran penghubung antara etika pergaulan antar manusia.juga sebagai lingkaran penghubung pergaulan umat dengan Penciptanya.Rasa Tunggal jati ini mempunyai arti dan makna yang luas.Karena bagai hidup itu sendiri.Apapun yang hidup mempunyai arti.Dan apapun yang mempunyai arti itu hidup.Sama halnya apapun
Yang hidup mempunyai Rasa.Dan apapun yang mempunyai Rasa itu Hidup.
Dengan penjelasan ini,maka dapat diambil kesimpilan bahwa yang mendiami Rasa itu adalah Hidup.Dan Hidup itu sendiri ialah Sang Pencipta/ALLAH.Padahal kita semua ini umat yang hidup.Jadi sama ada Pencitanya.Oleh sebab itu,umat manusia harus asaling menghormati,tidak saling merugikan,bahkan harus saling tolong menolang dll
Dan hal ini sesuai dalam firman ALLAH :“HAI MANUSIA!MASUKLAH KALIAN DALAM PERDAMAIAN, JANGAN BERPECAH BELAH MENGIKUTI LANGKAH SYAITAN,SESUNGGUHNYA SYAITAN ITU MUSUHMU YANG NYATA”
 Menggapai cahaya Ilahi